
Jakarta, Beritapagi – Masjid Istiqlal, sebagai salah satu pusat ibadah terbesar di Indonesia, kembali menggandeng Le Minerale dalam berbagai program sosial dan keagamaan selama Bulan Ramadan. Kolaborasi ini mencakup dukungan terhadap UMKM yang ada di sekitar masjid, pembagian takjil kepada ribuan jemaah, hingga berbagai inisiatif pemberdayaan umat.
Program ini dijalankan karena Le Minerale telah menjadi mitra jangka panjang yang memiliki komitmen serupa dengan Masjid Istiqlal dalam mendukung kegiatan sosial dan keagamaan. “Tahun ini, Masjid Istiqlal fokus pada pemberdayaan umat, dan Le Minerale memiliki perhatian besar pada pengembangan ekonomi masyarakat, khususnya dukungannya terhadap UMKM yang ada di sekitar masjid,” ujar Direktur Utama Istiqlal Global Fund, Ahsanul Haq, dalam keterangan resminya, Senin (10/3/2025).
Sebagai pusat ibadah yang memiliki pengaruh besar, Masjid Istiqlal juga berperan aktif dalam kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Salah satu bentuk dukungan Le Minerale adalah renovasi area kuliner Masjid Istiqlal, yang menjadi sumber penghasilan bagi banyak UMKM. Dengan renovasi tersebut, area kuliner kini lebih menarik dan nyaman bagi jemaah untuk menikmati hidangan.
Tidak hanya itu, Le Minerale juga berperan dalam membantu UMKM untuk naik kelas melalui program pendampingan, sehingga para pelaku usaha di lingkungan masjid dapat berkembang lebih baik.
Kolaborasi Ramadan: Buka Puasa Bersama dan Dukungan untuk UMKM
Kerja sama antara Masjid Istiqlal dan Le Minerale semakin intensif di Bulan Ramadan. Le Minerale mendukung pelaksanaan buka puasa bersama dengan menyediakan 3.000 hingga 5.000 botol air mineral setiap hari, serta 8.000 paket makanan untuk jemaah yang berbuka puasa.
Keberadaan Le Minerale pun mendapatkan apresiasi dari pihak Masjid Istiqlal yang secara selektif memilih produk air mineral berkualitas untuk mendukung kegiatan ibadah. Dengan kandungan mineral esensial yang terjaga, Le Minerale membantu jemaah memenuhi kebutuhan mineral tubuh setelah seharian berpuasa, serta memberikan kesegaran dan kenyamanan dalam beribadah.
“Le Minerale memiliki kualitas yang sangat baik dengan kandungan mineral esensial yang terjaga. Kami melihat bagaimana masyarakat juga sangat menyukai Le Minerale. Bahkan, tempat kuliner di sini yang menggunakan air mineral Le Minerale selalu mendapat respons positif dari UMKM dan para jemaah,” tutur Ahsanul.
Selain mendukung buka puasa bersama, Le Minerale juga terlibat dalam kajian Ramadan yang mengangkat tema “Air dan Puasa: Kunci Kesehatan di Bulan Ramadan”. Kajian ini diadakan sebagai bagian dari rangkaian program kolaborasi berbagi kebaikan di Masjid Istiqlal.
Zaskia Sungkar: Pilih Air Mineral Berkualitas untuk Keluarga
Sebagai Brand Ambassador Le Minerale, Zaskia Sungkar turut mendukung program ini dengan berbagi pengalaman. “Air adalah sumber kehidupan yang sangat penting, terutama saat Ramadan. Saya dan keluarga selalu memilih air mineral berkualitas, dan itu mengapa kami memilih Le Minerale. Kami percaya air yang baik sangat bermanfaat untuk kesehatan,” ujar Zaskia.
Zaskia juga menjelaskan bahwa ia telah lama memilih Le Minerale karena kualitasnya yang terjaga. “Di rumah kami, kami selalu menggunakan galon Le Minerale yang 100% bebas BPA. Bahkan, saat di luar, kami selalu membawa botol Le Minerale. Apalagi saat puasa, dari sahur hingga buka puasa, kami memilih Le Minerale karena kandungan mineral esensialnya membantu memenuhi kebutuhan tubuh,” jelas Zaskia.
Inisiatif Lain yang Dijalankan
Kemitraan antara Le Minerale dan Masjid Istiqlal telah melahirkan berbagai inisiatif positif. Beberapa program yang telah dijalankan antara lain pemberian umrah gratis untuk marbot, beasiswa pendidikan untuk anak-anak marbot berprestasi, serta program Jumat Berkah. Tak hanya itu, peremajaan area kuliner masjid juga menjadi salah satu fokus utama dalam upaya pemberdayaan ekonomi umat.